Corporate E-Learning

Appreciative Inquiry (Penelusuran dan Pertanyaan Apresiatif)

Product Code: WE-0000701

0 Reviews
0.0/5

(0.0/5)

Deskripsi Singkat

Sebuah organisasi, baik perusahaan maupun organisasi dalam bentuk lainnya, merupakan entitas yang dibangun atau terdiri dari orang-orang yang bekerja di dalamya. Itulah sebabnya, sebuah organisasi dapat juga dibayangkan sebagai sebuah entitas yang “hidup”, dalam pengertian memiliki daya tumbuh dan berkembang karena faktor manusia yang menggerakkannya. Oleh karena itu, konsepsi ini menyiratkan sebuah pandangan penting bahwa organisasi yang bertumbuh dan berkembang maju sangat dipengaruhi oleh sikap mental positif orang-orang yang ada di dalam organisasi itu sendiri.

Apprecaitive Inquiry sendiri dimaknai sebagai upaya pemunculan hal-hal baik dan atau prestasi yang pernah terjadi / dicapai di masa lalu untuk perbaikan di masa mendatang. Appreciative inquiry merujuk kepada metode atau serangkaian upaya untuk merangsang terjadinya perubahan dalam pola pikir, sikap mental dan perilaku ke arah yang positif yang mendukung perubahan organisasi ke arah yang lebih baik. Appreciative inquiry memberikan penekanan pada kekuatan, potensi-potensi yang dapat ditumbuh-kembangkan, keberhasilan, prestasi, capaian dan bukan pada masalah dan hal-hal buruk. Konsep dan pemahaman appreciative inquiry dapat digunakan sebagai “tools” untuk melakukan perubahan (change) dan memperkuat hubungan-hubungan antar-manusia yang ada di dalam organisasi. Pelatihan appreciative inquiry sangat bermanfaat untuk mendukung terjadinya perubahan organisasi Anda ke arah yang lebih baik.

Corporate e-learning for your LMS

Appreciative Inquiry (Penelusuran dan Pertanyaan Apresiatif)

0 Reviews
0.0/5

(0.0/5)

Product Code:

WE-0000701

Sebuah organisasi, baik perusahaan maupun organisasi dalam bentuk lainnya, merupakan entitas yang dibangun atau terdiri dari orang-orang yang bekerja di dalamya. Itulah sebabnya, sebuah organisasi dapat juga dibayangkan sebagai sebuah entitas yang “hidup”, dalam pengertian memiliki daya tumbuh dan berkembang karena faktor manusia yang menggerakkannya. Oleh karena itu, konsepsi ini menyiratkan sebuah pandangan penting bahwa organisasi yang bertumbuh dan berkembang maju sangat dipengaruhi oleh sikap mental positif orang-orang yang ada di dalam organisasi itu sendiri.

Apprecaitive Inquiry sendiri dimaknai sebagai upaya pemunculan hal-hal baik dan atau prestasi yang pernah terjadi / dicapai di masa lalu untuk perbaikan di masa mendatang. Appreciative inquiry merujuk kepada metode atau serangkaian upaya untuk merangsang terjadinya perubahan dalam pola pikir, sikap mental dan perilaku ke arah yang positif yang mendukung perubahan organisasi ke arah yang lebih baik. Appreciative inquiry memberikan penekanan pada kekuatan, potensi-potensi yang dapat ditumbuh-kembangkan, keberhasilan, prestasi, capaian dan bukan pada masalah dan hal-hal buruk. Konsep dan pemahaman appreciative inquiry dapat digunakan sebagai “tools” untuk melakukan perubahan (change) dan memperkuat hubungan-hubungan antar-manusia yang ada di dalam organisasi. Pelatihan appreciative inquiry sangat bermanfaat untuk mendukung terjadinya perubahan organisasi Anda ke arah yang lebih baik.

Learning Focus

ResilienceChange ManagementCollaborationGoal Setting & MonitoringImproving PerformanceInnovationManagement SkillsPlanning & MonitoringPrioritizationProblem SolvingResource ManagementRisk AssessmentRisk ManagementStrategic ThinkingTeam Management

Peserta yang Disarankan

Asst. ManagerGeneral ManagerGroup HeadManagerSenior OfficerSenior StaffSupervisorTeam HeadTeam Leader

Multi-Device Access

Course Info

Manfaat kursus ini

  • Peserta akan belajar mengenai apa itu penelusuran melalui pertanyaan apresiatif, bagaimana melakukannya, manfaatnya, dan kapan melakukannya.
  • Peserta akan belajar mengenali kekuatan diri sendiri serta membangun rasa percaya diri untuk membuat perubahan ke arah yang lebih baik
  • Peserta diharapkan mampu menggali kisah-kisah sukses masa lalu dan memanfaatkannya sebagai sarana dalam merumuskan rencana-rencana kerja dalam rangka meraih keberhasilan di masa mendatang.

Course Outline

Modul 1

Pendahuluan

  • Tujuan workshop
  • Tugas awal
  • Tes awal
  • Rencana aksi dan formulir evaluasi

Modul 2

Mengenal Istilah Appreciative Inquiry

  • Apa yang dimaksud dengan appreciative inquiry?
  • Bagaimana appreciative inquiry membantu Anda merumuskan visi untuk masa depan yang lebih baik?
  • Melibatkan dan mendorong karyawan ke dalam pola pikir yang positif (positive thought)
  • Jika Anda mampu mengubah pola pikir orang-orang di dalamnya, maka organisasi secara keseluruhan akan ikut berubah
  • Ilustrasi praktis
  • Modul 2: Pertanyaan tinjauan / Quiz

Modul 3

Mengubah Cara Berpikir Anda

  • Mengganti pola pikir “apa yang salah?” menjadi “apa yang benar?” atau mengganti dari “what’s wrong” menjadi “what’s right?”
  • Bukan fokus pada upaya menghilangkan kesalahan yang terjadi, namun fokus pada bagaimana mempertahankan keberhasilan yang telah diraih di masa lalu
  • Penggunaan bahasa yang positif akan mempengaruhi cara berpikir orang
  • Batasi atau bila memungkinkan hapus penggunaan ungkapan-ungkapan negatif dalam berkomunikasi
  • Ilustrasi praktis
  • Modul 3: Pertanyaan tinjauan / Quiz

Modul 4

Meraih Sukses Menggunakan Pendekatan / Model 4 D

  • Discovery (Menemukan atau mencari tahu tentang proses, metode, cara, atau keterampilan yang digunakan di waktu lalu yang terbukti membuahkan hasil)
  • Dream (Memimpikan / membayangkan / mengimajinasikan proses, metode, cara, keterampilan maupun penerapan ide atau gagasan tertentu untuk perbaikan atau mencapai hasil yang diharapkan)
  • Design (Merancang / menyusun rencana aksi dan mengidentifikasi apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai hal-hal yang sudah dirumuskan dalam tahapan “Discovery” maupun “Dream”)
  • Delivery / Destiny (Mengeksekusi semua hal yang telah dirumuskan pada tahapan-tahapan sebelumnya menjadi capaian / kenyataan sesuai yang diharapkan)
  • Ilustrasi praktis
  • Modul 4: Pertanyaan tinjauan / Quiz

Modul 5

Meraih Sukses Menggunakan Pendekatan / Model 4 I

  • Initiate (Mengawali proses pencapaian keberhasilan dengan terlebih dahulu memahami makna appreciative inquiry dan selanjutnya merumuskan strategi serta rencana aksi)
  • Inquire (Melakukan penelusuran melalui sesi-sesi tanya-jawab di antara para karyawan mengenai apa yang dapat dilakukan untuk mencapai keberhasilan)
  • Imagine (Membayangkan proses-proses yang akan terjadi, apa yang dibutuhkan dan bagaimana melakukannya dengan berbekal hasil-hasil yang telah diperoleh pada tahapan sebelumnya)
  • Innovate (Mengimplementasikan seluruh rencana aksi serta perubahan yang diinginkan sesuai rumusan-rumusan yang telah diperoleh / dibuat pada tahapan-tahapan sebelumnya)
  • Ilustrasi praktis
  • Modul 5: Pertanyaan tinjauan / Quiz

Modul 6

Model Tanya-Jawab / Wawancara Appreciative Inquiry (Penelusuran / Pertanyaan Apresiatif)

  • Merangkai aktivitas tanya-jawab dalam bingkai positif
  • Berupaya mendapatkan kisah-kisah / pengalaman-pengalaman  positif dengan cara mengajukan pertanyaan positif
  • Memperoleh gambaran mengenai hal-hal yang membuahkan hasil di masa lalu
  • Kenali topik-topik yang disebutkan berulang-ulang oleh karyawan yang diwawancarai
  • Ilustrasi praktis
  • Modul 6: Pertanyaan tinjauan / Quiz

Modul 7

Realitas yang Ingin Diraih (Anticipatory Reality)

  • Bayangan mengenai keberhasilan / kesuksesan di masa depan sebagai landasan untuk merumuskan tindakan saat ini
  • Mengendalikan sikap mengantisipasi hal-hal negatif yang akan terjadi di masa depan (controlling negative anticipation)
  • Pandangan positif ke depan (positive outlook) akan memberikan pengaruh positif untuk pengambilan keputusan  serta pembentukan pola pikir positif
  • Mendasarkan pada data dan contoh nyata
  • Ilustrasi praktis
  • Modul 7: Pertanyaan tinjauan / Quiz

Modul 8

Pentingnya Menghadirkan Imaji / Citra Positif (Positive Imagery)

  • Menghadirkan bayangan pencapaian kinerja yang diharapkan melalui positive imagery
  • Menjadi lebih siap dalam menghadapi atau mengantisipasi timbulnya kesulitan atau masalah
  • Menjadi lebih kreatif serta mudah dan cepat menyesuaikan diri maupun memecahkan masalah jika hal itu muncul
  • Membayangkan situasi sempurna (perfect situation) sebagai cara untuk menelaah masalah yang muncul dan menyusun skala prioritas untuk penyelesaiannya
  • Ilustrasi praktis
  • Modul 8: Pertanyaan tinjauan / Quiz

Modul 9

Memberikan Pengaruh Perubahan Melalui Appreciative Inquiry (Penelusuran / Pertanyaan Apresiatif)

  • Mengenali kekuatan diri dan menggunakannya untuk mengatasi tantangan
  • Rasa percaya diri (confidence) dapat menjadi daya dorong perubahan ke arah yang positif dan lebih baik
  • Mengajukan pertanyaan (inquiry) secara kreatif adalah benih perubahan ke arah yang lebih baik
  • Orang akan tertarik kepada sesuatu yang sesuai dengan harapan mereka
  • Ilustrasi praktis
  • Modul 9: Pertanyaan tinjauan / Quiz

Modul 10

Melakukan Coaching (Pembinaan) serta Pengelolaan melalui Appreciative Inquiry (Penelusuran / Pertanyaan Apresiatif)

  • Lakukan dan kembangkan apa yang sudah terbukti berhasil
  • Fokus pada hal-hal yang bisa ditingkatkan / diperbaiki, dan bukan sebaliknya
  • Mampu mengenali dan fokus pada hal-hal baik yang ada dalam diri orang lain
  • Batasi atau bahkan hapus pernyataan-pernyataan maupun komentar-komentar negatif yang tidak perlu
  • Ilustrasi praktis
  • Modul 10: Pertanyaan tinjauan / Quiz

Modul 11

Menciptakan Kekuatan yang Positif (Positive Core) di Dalam Diri

  • Gali dan kenali kekuatan diri sebagai cara meningkatkan rasa percaya diri dalam melaksanakan tugas dan meraih keberhasilan
  • Temukan cara-cara terbaik untuk mencapai keberhasilan sesuai dengan situasi dan kondisi diri dan juga sesuai dengan kebijakan perusahaan
  • Simpan dan resapi pengalaman-pengalaman terbaik serta kisah-kisah sukses masa lalu yang memberikan rasa bahagia dan keyakinan diri agar selalu berpikir positif
  • Keberhasilan masa lalu sebagai bekal kepercayaan diri dan pemicu sekaligus pemacu semangat mencapai lebih banyak keberhasilan di masa mendatang
  • Ilustrasi praktis
  • Modul 11: Pertanyaan tinjauan / Quiz

Modul 12

Penutup

  • Kata-kata bijak yang dapat direnungkan terkait pelatihan ini

Ingin menyelenggarakan pelatihan di kelas untuk topik yang sama?

Jika Anda berminat menggunakan materi pelatihan ini untuk pengajaran di kelas (Instructor Led-Training), silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Fitur E-Learning

Semua e-learning contents Asah Indonesia memiliki fitur-fitur lengkap untuk menunjang pembelajaran karyawan korporasi secara efektif. Berikut beberapa fitur unggulan yang tersedia:

Kompatibel dengan Semua Jenis LMS & LXP

E-learning ini dapat dimuat/diunggah ke semua jenis platform LMS & LXP

Subject Matter Expert

E-learning disusun oleh Subject Matter Expert yang kompeten di bidangnya

World-class E-Learning Content

E-learning content dirancang dengan standar internasional

Comprehensive Content

Muatan e-learning mencakup konten pembelajaran secara komprehensif

Lifetime License

E-learning dilengkapi dengan lisensi penggunaan tanpa batas waktu

Dapat disunting / diedit

E-learning ini dapat disunting atau diedit sesuai kebutuhan perusahaan

Rebranding

E-learning dapat di-rebranding sesuai kebutuhan perusahaan

Unlimited Users

E-learning ini dapat diikuti oleh jumlah pembelajar tanpa batas

Unlimited & Lifetime Access

E-learning ini dapat disunting atau diedit sesuai kebutuhan perusahaan

Course Retake Policy Ready

Dapat disesuaikan dengan kebijakan pengulangan kursus

Knowledge Check

E-learning dilengkapi dengan quiz dan dapat ditambah penugasan

Sequential Drip-Feed Content Ready

Akses ke sub-konten dapat diatur sesuai kebijakan perusahaan

zoom222

Virtual Training Integration Ready

Gabungkan pelatihan e-learning dengan aplikasi Zoom Conference

Gamifikasi

Dapat dikombinasi dengan fitur gamifikasi dalam LMS

Blended Learning

Tersedia materi untuk pelatihan di kelas (instructor-led training)

Multi Bahasa

Tersedia dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Digital Certificate

Sertifikat tersedia untuk modul e-learning ini dapat dapat dikustomisasi

{{ reviewsTotal }}{{ options.labels.singularReviewCountLabel }}
{{ reviewsTotal }}{{ options.labels.pluralReviewCountLabel }}
{{ options.labels.newReviewButton }}
{{ userData.canReview.message }}
Scroll to Top